BERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)KESEHATAN

Tingkatkan Kualitas Dokter, Pemkab HSS Jalin MoU Bersama Universitas Brawijaya

1807
×

Tingkatkan Kualitas Dokter, Pemkab HSS Jalin MoU Bersama Universitas Brawijaya

Sebarkan artikel ini
Bupati HSS, Achmad Fikry dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo menunjukkan MoU kerjasama.
Bupati HSS, Achmad Fikry dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo menunjukkan MoU kerjasama.

KANDANGAN, narasipublik.net Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjalin kerjasama MoU dengan Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Selasa (08/08/2023).

Kerjasama yang ditandatangani Bupati HSS, Achmad Fikry dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo tersebut berisikan tentang peningkatan pendidikan dan penelitian, khususnya dalam bidang kesehatan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, MoU yang disepakati itu pun bertujuan untuk salah satu peningkatan sumber daya manusia (SDM) lewat pendidikan dokter spesialis.

“Nantinya dokter-dokter umum di Kabupaten HSS bisa kita kirim untuk meningkatkan ilmunya agar dapat menjadi dokter spesialis,” ucap Bupati Fikry.

Dipilihnya Universitas Brawijaya sebagai tempat kerjasama lantaran kampus tersebut mempunyai berbagai inovasi yang cukup baik, salah satunya yakni waktu pendidikan relatif cepat dengan hasil yang berkualitas.

“Tahun ini kita mulai mengirim dua orang dokter umum untuk belajar, bahkan kedepannya sekolah dokter spesialis ini akan kembali dianggarka,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya, Prof Widodo berharap kerja sama kali ini bisa terus terjalin lebih erat guna mendorong potensi SDM Pulau Kalimantan yang lebih baik.

“Kita yakin Pemkab HSS memiliki potensi yang besar, apa lagi Kalsel akan menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN),” ujar Prof Widodo.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan SDM perlu adanya program khusus dari Pemkab HSS sehingga bisa mengirimkan warganya berkuliah di Universitas Brawijaya.

“Karena sistem akademik mahasiswa di HSS masih belum banyak, kami berharap nantinya banyak warga Kabupaten HSS yang berkuliah di Universitas Brawijaya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor, Direktur RSUD Brigjend Hasan Basry Kandangan dr Rasyidah, dan beberapa kepala OPD terkait.