KANDANGAN (HSS)PERISTIWA & HUKUM

Ikut Rayakan Hari Lingkungan Hidup, Sungai Amandit Bebas Dari Keruh

1082
×

Ikut Rayakan Hari Lingkungan Hidup, Sungai Amandit Bebas Dari Keruh

Sebarkan artikel ini
Sungai Amandit
Kondisi air sungai Amandit pada saat bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, Sabtu (05/06/2021). Sumber : narasi publik

KANDANGAN, narasipublik.netSeakan ingin ikut dalam perayaan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tepat pada tanggal 5 Juni 2021 kondisi sungai Amandit terlihat jauh lebih bersih dari biasanya.

Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir sungai Amandit sendiri mengalami kekeruhan lantaran tingginya intensitas curah hujan yang ikut menggerus bekas longsor di kawasan pegunungan Meratus.

Dari pantauan media ini, sekitar pukul 14.30 Wita, aliran sungai yang membentang luas di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) itu pun nampak terlihat jernih.

Sungai Amandit
Kondisi sungai Amandit yang nampak terlihat jernih saat momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, Sabtu (05/06/2021). Sumber : narasi publik

Bahkan jernihnya air sungai Amandit kali ini dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat setempat untuk melakukan aktivitas pencarian ikan.

Seperti yang terlihat di kawasan bawah jembatan Antaludin, Kota Kandangan ini misalnya, dimana terlihat ada beberapa orang yang tengah asik memancing ikan di aliran sungai Amandit.

Sungai Amandit
Beberapa masyarakat memanfaatkan kondisi sungai yang bersih untuk memancing ikan di kawasan Jembatan Antaludin, Kota Kandangan, Sabtu (05/06/2021). Sumber : narasi publik

Kondisi seperti ini tentunya sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten HSS, agar kedepannya sungai kebanggaan kota berjuluk Bumi Rakat Mufakat ini dapat kembali pulih seperti sedia kala.