KANDANGAN (HSS)PERISTIWA & HUKUM

Optimalisasi Pencegahan Aktif Karhutla, Polres HSS Kedepankan Strategi Sosialisasi

Avatar photo
707
×

Optimalisasi Pencegahan Aktif Karhutla, Polres HSS Kedepankan Strategi Sosialisasi

Sebarkan artikel ini
Kapolres HSS, AKBP Leo Martin Pasaribu memberikan pengarahan dalam Rakor Optimalisasi Pencegahan Aktif Karhutla.
Kapolres HSS, AKBP Leo Martin Pasaribu memberikan pengarahan dalam Rakor Optimalisasi Pencegahan Aktif Karhutla.

KANDANGAN, narasipublik.net Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat koordinasi (Rakor) optimalisasi tindak pencegahan aktif Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Aula Tinggiran Polres HSS, Senin (31/07/2023).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kapolres HSS, AKBP Leo Martin Pasaribu kali ini diikuti oleh Dandim 1003/HSS, Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, BPBD Kabupaten HSS, Camat, Kades dan seluruh Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres HSS.

Kapolres HSS, AKBP Leo Martin Pasaribu mengatakan, digelarnya rakor tersebut bertujuan untuk mengoptimalisasi pencegahan karhutla dengan melibatkan seluruh unsur lapisan masyarakat.

Untuk upaya pencegahan yang aktif, Polres HSS juga akan menerjunkan seluruh Bhabinkamtibmas di setiap desa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Upaya hukum terhadap tindak pidana Karhutla menjadi langkah terakhir, Polri akan selalu mengedepankan tindakan pencegahan terlebih dahulu,” ucap Kapolres HSS.

Diterangkan lebih lanjut, dalam penanganan dan pencegahan karhutla, TNI Polri akan secara terpadu dengan pemerintah daerah untuk menggiatkan patroli hutan dan lahan, khususnya di kawasan rawan Karhutla.

“Kita harus melakukan strategi sosialisasi secara masif, agar penanganan dan pencegahan Karhutla bisa lebih efektif tanpa adanya pelanggaran hukum,” tutur AKBP Leo Martin Pasaribu.

Sementara itu, Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwie Nurdin Kanan mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan garis terdepan Polri yang dapat diandalkan untuk melakukan strategi sosialisasi kepada masyarakat.

“Kita berharap Bhabinkamtibmas dapat berkolaborasi dengan Babinsa dalam pelaksanaan tugas, khususnya untuk penanganan karhutla bersama camat dan kepala desa,” tandas Dandim 1003/HSS.

Tidak hanya itu, Dandim HSS berharap Rakor kali dapat menghasilkan kesepakatan bersama dalam hal upaya optimalisasi pencegahan aktif Karhutla di Bumi Rakat Mufakat.

“Mari kita sampaikan kepada masyarakat tentang pemahaman bahaya Karhutla di wilayah masing-masing, agar Karhutla di Kabupaten HSS dapat ditekan,” pungkas Letkol Inf Nurliwie Nurdin Kanan.