oleh

Lewat Kegiatan Donor, PMI HSS Upayakan Stok Darah di Bumi Rakat Mufakat Tersedia

KANDANGAN, narasipublik.netPalang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kegiatan donor darah di Lapangan Basket Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, Selasa (21/05/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Mendonorkan Darah Adalah Suatu Tindakan Solidaritas, Bergabunglah dan Selamatkan Nyawa” tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2022.

Bupati HSS Achmad Fikry saat meninjau kegiatan mengatakan, donor darah merupakan langkah yang bagus dilakukan oleh PMI HSS guna upaya memenuhi ketersediaan cadangan darah di Bumi Rakat Mufakat.

“Kita lihat antusias masyarakat sangat tinggi, mudah-mudahan kegiatan donor darah ini rutin diprogramkan terus menerus,” ucap Bupati Fikry.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Bumi Rakat Mufakat tersebut berharap kegiatan donor darah dilakukan secara jemput bola dengan tujuan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

“Jangan sampai orang datang susah jauh-jauh, tetapi kita harus mendatangi mereka, yang pasti nanti saat masyarakat perlu darah stoknya tersedia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad mengungkapkan bahwa dalam kegiatan kali ini pihaknya menargetkan sebanyak 100 darah yang akan didapat dari para pendonor.

“Memang selama ini sebenarnya darah ini tidak pernah cukup, karena setiap hari ada saja masyarakat yang memerlukan darah,” ungkapnya.

Syamsuri Arsyad yang juga merupakan Wakil Bupati (Wabup) HSS berharap dengan upaya kegiatan kali ini dapat menambah stok dari semua golongan darah sehingga masyarakat dapat menggunakannya.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi penyemangat bagi pasien dan keluarganya yang sakit dan semoga bisa lekas sembuh,” ujar Wabup Syamsuri.

Kedepan PMI Kabupaten HSS berencana akan menggelar donor dara secara rutin agar siklus stok darah tetap selalu tersedia setiap bulannya.

“Karena mendonor darah ini pertiga bulan, jadi kami akan mencoba melihat data base dulu sehingga kalau memungkinkan akan kita lakukan setiap bulan,” paparnya.

Dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia kali ini Wabup Syamsuri juga berharap masyarakat dapat menjaga kesehatan, karena bagaimanapun sehat itu segala-galanya.

“Mudah-mudahan darah ini tidak sampai digunakan, namun jika memang diperlukan kami bisa menyediakan meski stoknya tidak terlalu banyak ini lah yang bisa diberikan oleh PMI,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Ucapan Hari Pers Nasional