BERITA RELIGIBERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)

Kubah Masjid Islamic Center HSS Dihiasi Motif Kaligrafi Bernuansa Islami

789
×

Kubah Masjid Islamic Center HSS Dihiasi Motif Kaligrafi Bernuansa Islami

Sebarkan artikel ini
Kubah Masjid Islamic Center
Ekspose penetapan motif Kubah Masjid Islamic Center Kandangan, Rabu (07/07/2021). Sumber : Humas HSS

KANDANGAN, narasipublik.net Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menetapkan desain motif yang akan digunakan dalam pembangunan kubah Masjid Islamic Center yang berada di kawasan bundaran Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, Rabu (07/07/2021).

Dimana kubah masjid Islamic Center tersebut nantinya akan dihiasi dengan motif kaligrafi bernuansa islami sesuai pertimbangan yang dilakukan oleh Pemkab HSS bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS.

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan, dengan penentuan desain kubah kali ini diharapakan dapat mempercepat proses pembangunan masjid Islamic Center.

“Pemasangan kubah nantinya akan dilakukan secara manual dengan estimasi waktu sekitar 4 sampai 5 bulan,” ucap Achmad Fikry.

Diterangkan lebih lanjut, sebelumnya ada terdapat tiga desain motif kubah yang diusulkan oleh pihak pelaksana, yakni motif berbentuk bintang, motif nanas, serta motif kaligrafi.

“Setelah menimbang dari berbagai sudut pandang dan filosofi kami sepakati untuk menggunakan motif ketiga yakni kaligrafi, dimana nantinya masjid Islamic Center ini akan menjadi milik masyarakat dan ikon baru bagi HSS,” tuturnya.

Kubah Masjid Islamic Center

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS, Teddy Soetedjo menambahkan, sebelum proses pemasangan nantinya kubah akan diberikan lapisan pelindung agar mampu bertahan hingga 10 tahun kedepan.

“Kubah akan menggunakan warna aslinya yakni warna tembaga dengan diameter kurang lebih 10 meter dan keliling lingkaran 56,2 meter serta memiliki tinggi 12 meter,” pungkasnya.

Hingga kini progres pembangunan masjid Islamic Center sudah mencapai 12,25 persen dan akan terus dilakukan hingga batas waktu pengerjaan tahap dua yang sudah ditentukan sebelumnya.