oleh

Musda DMI HSS Resmi Dibuka, Bupati-Wabup Harapkan Pengurus Baru Ikut Bantu Tangani Covid-19

NARASI PUBLIK

KANDANGAN, narasipublik.net Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad membuka musyawarah daerah (Musda) Dewan Pimpinan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten HSS, Kamis (23/09/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kandangan juga dihadiri Perwakilan DMI Provinsi Kalsel, Ketua DMI HSS Sayuti HD, serta pengurus masjid se-Kabupaten HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry berharap kedepan DMI mempunyai program jangka pendek dan jangka panjang yang diharapkan mempunyai peran aktif membantu pemerintah daerah.

Khususnya dalam hal penanganan Pandemi Covid-19 agar penyebaran dan penularan di Bumi Rakat Mufakat dapat diminimalisir.

“Mari kita saling membantu melalui berbagai pengajian untuk meyakinkan masyarakat agar bisa bahu membahu mengatasi Covid-19,” ucap Bupati Fikry.

Dengan adanya kepengurusan baru, DMI kedepan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai lembaga yang melakukan pembinaan masjid.

Sehingga dapat mengatur jumlah kapasitas jamaah dalam setiap pelaksanaan kegiatan keagamaan.

Musda DMI HSS Resmi Dibuka

“Silakan saja melaksanakan kegiatan di masjid asalkan sesuai dengan kapasitas dan yang terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DMI Kabupaten HSS Sayuti HD mengatakan, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini jumlah masjid di Kabupaten HSS sebanyak 126 dan 649 langgar.

Dirinya menuturkan, kesadaran masyarakat dalam pengamalan agama dan kewajiban menuntut ilmu agama sudah mulai meningkat.

Hal itu terbukti dari jumlah jamaah disetiap kegiatan majelis ta’lim dan ibadah sosial lainnya semakin membludak setiap harinya.

“Fungsi masjid sekarang sudah melebar, bukan saja sebagai tempat ibadah tapi juga menjadi wadah pembinaan persaudaraan,” imbuhnya.

Ia berharap, hal tersebut bisa lebih ditingkatkan dengan harapan kesadaran umat Islam dalam menuntut ilmu agama semakin berkembang di Bumi Rakat Mufakat.

“Mari kita sama-sama membangun kesadaran masyarakat baik dalam hal keagamaan maupun membantu penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :