RANTAU (TAPIN)

Antisipasi Genangan Air, Satgas TMMD Kodim 1010/Tapin Garap Pembuatan Plat Duiker

403
×

Antisipasi Genangan Air, Satgas TMMD Kodim 1010/Tapin Garap Pembuatan Plat Duiker

Sebarkan artikel ini
Pembuatan Plat Duiker
Satgas TMMD ke-111 Kodim 1010/Tapin beserta masyarakat mengerjakan pembuatan Plat Duiker

TAPIN, narasipublik.net Tidak hanya fokus membangun badan jalan sepanjang 3.149 meter, Satgas TMMD ke 111 Kodim 1010/Tapin juga menggarap pembuatan Plat Duiker sebagai saluran drainase dilokasi jalan baru di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Rabu (16/06/2021).

Anggota Satgas TMMD ke-111, Sertu A Rofik, mengatakan pembuatan Plat Duiker ini sendiri sebagai upaya antisipasi terjadinya banjir, dikarenakan lokasi jalan yang akan dibangun tersebut berada diposisi lembah.

“Biasanya jika musim penghujan, lokasi jalan ini sering tergenang air yang cukup dalam sehingga tidak bisa dilewati, maka dari itu kami membuat Plat Duiker disini,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan pembuangan air, Satgas TMMD membuat Plat Duiker yang berukuran cukup besar yakni dengan panjang 6,2 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1 meter yang dimulai dari pengerjaan batas kiri dan kanan badan jalan terlebih dahulu.

Sementara itu, Ketua RT 05 Desa Suato Lama, Rusman, mengungkapkan jika saat diguyur hujan lokasi tersebut selalu tergenang yang menyebabkan aktivitas masyarakat praktis terhambat.

“Kami sangat bersyukur jika pembuatan Plat Duiker ini selesai, maka warga kami nantinya tidak susah payah lagi menuju ke kebun mereka walaupun saat hujan sekalipun,” pungkasnya.