BERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)PERISTIWA & HUKUM

Aksi Kerusuhan dan Dentuman Bom Warnai Peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di HSS

Avatar photo
810
×

Aksi Kerusuhan dan Dentuman Bom Warnai Peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di HSS

Sebarkan artikel ini
Simulasi Sispamkota pengamanan Pilkada yang digelar Polres HSS dalam peringatan HUT ke-78 Bhayangkara tahun 2024.
Simulasi Sispamkota pengamanan Pilkada yang digelar Polres HSS dalam peringatan HUT ke-78 Bhayangkara tahun 2024.

KANDANGAN, narasipublik.net Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara yang digelar Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) diwarnai dengan aksi kerusuhan massa dan ledakan bom, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (01/07/2024).

Kerusuhan sendiri bermula dari adanya aksi massa yang memberhentikan iring-iringan kampanye terbuka salah satu calon Bupati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Tidak berselang lama, massa yang berjumlah ratusan orang tersebut kembali melakukan demonstrasi yang berujung dengan pengrusakan dan pembakaran.

Menyikapi peristiwa itu, petugas keamanan gabungan TNI-Polri langsung melakukan tindakan pengamanan untuk menghentikan aksi massa tersebut.

Aksi kerusuhan massa ini sendiri merupakan simulasi yang digelar Polres HSS sebagai rangkaian peringatan HUT ke-78 Bhayangkara dalam upaya pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu mengatakan, puncak peringatan HUT ke-78 Bhayangkara dirangkai dengan upacara dan peragaan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

“Kami (Polri) bersama TNI dan pemerintah daerah akan terus bersinergi dalam upaya melakukan pengamanan Pilkada 2024 serentak,” ucap AKBP Leo Martin Pasaribu.

Lebih lanjut, melalui simulasi tersebut menegaskan bahwa sinergitas Polri bersama semua pihak terjalin dengan baik, sehingga diharapkan menjadi kekuatan dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada mendatang.

“Ini akan menjadi kekuatan utama kita dalam menghadapi Pilkada. Kami hadir untuk masyarakat dan bekerja ikhlas untuk masyarakat,” tutur Kapolres HSS.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah mengucapkan selamat HUT ke-78 Bhayangkara untuk Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Polri, khususnya jajaran Polres HSS.

“Dirgahayu ke-78 Bhayangkara, kami siap mendukung Polri terutama dalam rangka agenda pengamanan Pilkada 2024,” ucap Hermansyah.