EKONOMI & BISNISKANDANGAN (HSS)

Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkab HSS Salurkan Ratusan Alsintan Untuk Petani

Avatar photo
511
×

Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkab HSS Salurkan Ratusan Alsintan Untuk Petani

Sebarkan artikel ini
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HSS, Zulkifli menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada perwakilan kelompok tani.
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HSS, Zulkifli menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada perwakilan kelompok tani.

KANDANGAN, narasipublik.net Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyalurkan ratusan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para kelompok tani (Poktan), Rabu (03/07/2024).

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini diserahkan oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Zulkifli di Kantor Dinas Pertanian setempat.

Adapun Alsintan yang dihibahkan sendiri berupa 15 unit traktor roda dua, 115 pompa air 3 inci, serta satu buah power thresher atau perontok padi yang diserahkan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan Poktan.

Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor mengatakan, pemberian Alsintan kepada para petani bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat, serta menghemat biaya pengolahan lahan.

“Kita berharap dengan adanya bantuan ini produktivitas bidang pertanian dari tanam hingga panen bisa semakin meningkat agar tercipta kemandirian,” ucap Muhammad Noor.

Diterangkan lebih lanjut, fokus utama bantuan Alsintan sendiri ditujukan kepada pertanian yang dekat dengan sumber air atau lahan tadah hujan dan rawa.

“Kita ingin indeks pertanaman di tempat mereka bisa meningkat dari yang biasa 1 kali menjadi 2 kali dan tanam 2 kali menjadi 3 kali pada lahan irigasi,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HSS Zulkifli mengungkapkan, bantuan Alsintan diyakini dapat memberikan semangat para petani untuk terus meningkatkan indeks pertanian dan memperluas area tanam.

“Sektor pertanian sangat penting karena menjadi salah satu penopang ekonomi daerah. Maka dari itu kita harus bisa mengintegrasikan pertanian dari hulu hingga hilir melalui konsep smart farming,” pungkasnya.