KANDANGAN (HSS)SERBA - SERBI

Jaga Ekosistem Sungai Amandit, KIN dan PT AGM Tebar 25 ribu Bibit Ikan Air Tawar

Avatar photo
4752
×

Jaga Ekosistem Sungai Amandit, KIN dan PT AGM Tebar 25 ribu Bibit Ikan Air Tawar

Sebarkan artikel ini
KIN beserta PT AGM dan Pemkab HSS melakukan penebaran bibit ikan air tawar di aliran Sungai Amandit.

KANDANGAN, narasipublik.net Komite Investigasi Negara (KIN) bersama PT Antang Gunung Meratus (AGM) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan penebaran bibit ikan air tawar di Sungai Amandit, Senin (11/09/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian lingkungan, khusunya dalam hal menjaga ekosistem yang ada di aliran Sungai Amandit.

Dalam restocking kali ini, sedikitnya ada sebanyak 25 ribu bibit ikan yang ditebar, dengan harapan dapat menambah jumlah populasi ikan air tawar di sungai tersebut.

Panitia pelaksana, Yusuf Ardi mengatakan, dilakukannya kegiatan restocking kali ini lantaran saat ini jumlah ikan di Sungai Amandit sudah sangat berkurang.

“Ada lima jenis ikan yang kita lepas seperti gabus, patin, jelawat, tauman, serta ikan baung,” ucap Yusuf.

Lebih lanjut, penurunan populasi ikan sendiri terlihat dari berkurangnya aktivitas masyarakat dalam mencari ikan disepanjang aliran Sungai Amandit.

“Dulu di Sungai Amandit masyarakat ramai mencari ikan, tetapi sekarang sudah hampir tidak ada lagi karena ikan yang ingin ditangkap juga tidak ada,” tuturnya.

Section Head CSR PT AGM, Widharto Ali mengungkapkan, penebaran bibit ikan kali ini sejalan dengan komitmen visi misi PT AGM, khususnya dalam pengelolaan kelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan tersebut juga diharapkan mampu menjaga keanekaragaman jenis ikan di aliran Sungai Amandit, sehingga dapat meningkatkan dan memenuhi konsumsi protein hewani bagi masyarakat.

“Semoga populasi ikan bisa terus meningkat dan dapat memperbaiki kembali ekosistem yang ada di Sungai Amandit,” ujar Widharto Ali.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten HSS, Zulkipli mengatakan, Pemkab HSS sangat mendukung kegiatan penebaran bibit ikan air tawar di Sungai Amandit kali ini.

Bahkan pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan dengan menggandeng berbagai stakeholder terkait untuk upaya kelestarian lingkungan.

“Terima kasih KIN dan PT AGM, mari kita terus bersama-sama untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten HSS, khususnya untuk Sungai Amandit ini,” pungkasnya.