BERITA UTAMAKANDANGAN (HSS)

Fasilitasi Mudik Gratis, Pemkab HSS Berangkatkan ‘Bus Gadis’

2790
×

Fasilitasi Mudik Gratis, Pemkab HSS Berangkatkan ‘Bus Gadis’

Sebarkan artikel ini
Sekda HSS Muhammad Noor beserta Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu melepas keberangkatan Bus Gadis.
Sekda HSS Muhammad Noor beserta Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu melepas keberangkatan Bus Gadis.

KANDANGAN, narasipublik.net Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melepas keberangkatan ‘Bus Gadis’ atau Bus Gasan Mudik Gratis, di depan Rumah Dinas Bupati, Minggu (07/04/2024).

Keberangkatan Bus Gadis kloter pertama ini dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor beserta Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Hendro Martono.

Pada kloter pertama tersebut Pemkab HSS memberangkatkan tiga unit Bus Gadis yang ditumpangi sebanyak 45 orang pemudik dengan tiga tujuan rute  perjalanan, yakni Kandangan – Rantau – Martapura – Banjarbaru – Banjarmasin.

Kemudian rute selanjutnya adalah Kandangan – Rantau – Martapura –  Banjarbaru – Pelaihari, serta Kandangan – Kalumpang – Margasari – Barito Kuala – Banjarmasin.

Sekda HSS Muhammad Noor mengatakan, Bus Gadis merupakan program dari Penjabat (Pj) Bupati HSS yang bertujuan memberikan layanan dan fasilitas untuk masyarakat yang ingin mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita berharap program ini bisa menjadi manfaat bagi warga kita yang membutuhkan layanan mudik gratis, mudah-mudahan menjadi berkah bagi Pemda dan masyarakat,” ucap Muhammad Noor.

Sementara itu, Kepala Dishub HSS Hendro Martono menuturkan, pemberangkatan pemudik melalui program Bus Gadis dibagi menjadi dua kloter, yang mana setiap kloternya memiliki kapasitas 70 penumpang.

“Kloter kedua nanti akan kembali kita berangkatkan pada Selasa 9 April 2024 dan pendaftaran kloter kedua masih kami membuka bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan Bus Gadis,” tutur Hendro.

Tidak hanya mengantar para pemudik, layanan Bus Gadis juga akan melakukan penjemputan terhadap seluruh penumpang pada tanggal 13 dan 15 April mendatang untuk kembali ke Kabupaten HSS.

“Semoga dengan layanan Bus Gadis ini bisa meringan biaya masyarakat untuk dapat berkumpul keluarga dan mengurangi resiko kemacetan saat arus mudik lebaran,” pungkasnya.