oleh

Buka Sosialisasi Ormas, Bupati HSS Apresiasi Organisasi yang Miliki Legalitas

NARASI PUBLIK

KANDANGAN, narasipublik.net Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry membuka kegiatan sosialisasi perundang-undangan tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Senin (11/10/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten HSS ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya legalitas suatu organisasi.

Kepala Badan Kesbangpol HSS, Roni Rusnadi mengatakan, di Kabupaten HSS baru ada sebanyak 59 Ormas dan LSM yang terdaftar.

Bahkan hingga saat ini masih banyak ormas-ormas atau LSM ilegal yang belum terdaftar secara resmi di Kesbangpol maupun Kemendagri.

“Kita harapkan ormas-ormas dan LSM yang belum terdaftar secara resmi bisa segera masuk sebagai Ormas yang legal, secara hukum,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan agar seluruh ormas dan LSM dapat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dimana ormas dan LSM sendiri merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, sesuai dengan norma dan etika yang harus dipatuhi.

“Kita harap ormas dan LSM bisa menjadi penyalur berbagai aspirasi masyarakat kepada pemerintah,” ujar Bupati Fikry.

Meski demikian sebelum menyampaikan aspirasi, ormas dan LSM tersebut harus memiliki badan hukum yang sah agar dapat dipertanggungjawabkan.

“Pemerintah sangat menghargai keberadaan ormas dan LSM, tapi harus legal sesuai dengan ketentuan yang ada,” pungkasnya.

Kegiatan sosialiasi ormas dan LSM kali ini berlangsung selama dua hari yang dilaksanakan di Kandangan dan wilayah Negara (Daha) dengan menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Kalsel, Polres HSS serra Kesbangpol HSS sendiri.

Reporter : Rey
Editor : Van

Berita Lainnya :